Canonical Akan Menghilangkan Dukungan Untuk Arsitektur 32-bit Di Rilis Ubuntu Yang Akan Datang

By | June 19, 2019

Canonical hari ini mengumumkan bahwa mereka akhirnya memutuskan untuk sepenuhnya menghentikan dukungan untuk arsitektur perangkat keras 32-bit (i386) dalam rilis mendatang dari sistem operasi Ubuntu Linux yang populer.

Tahun lalu, selama siklus pengembangan seri sistem operasi Ubuntu 18.04 LTS (Bionic Beaver), Canonical mengumumkan bahwa mereka tidak akan menawarkan gambar instalasi (ISO) 32-bit, tren yang segera diikuti oleh semua rasa resmi Ubuntu Linux dengan rilis Ubuntu 18.10 (Cosmic Cuttlefish). Namun, repositori 32-bit Ubuntu masih tersedia.

Karena Ubuntu 18.04 LTS (Bionic Beaver) akan didukung selama lima tahun ke depan, Canonical menonaktifkan peningkatan dari Ubuntu 18.04 LTS ke Ubuntu 18.10 untuk sistem 32-bit untuk menghindari meninggalkan pengguna pada rilis yang berumur pendek, dan sekarang, mereka mengumumkan bahwa mulai dengan rilis Ubuntu 19.10 mendatang (Eoan Ermine), dukungan untuk sistem 32-bit tidak akan lagi disediakan.

“Tim teknik Ubuntu telah meninjau fakta di hadapan kami dan menyimpulkan bahwa kami tidak boleh terus meneruskan i386 sebagai arsitektur,” kata Steve Langasek dalam email. “Akibatnya, i386 tidak akan dimasukkan sebagai arsitektur untuk rilis 19.10, dan kami akan segera memulai proses menonaktifkannya untuk seri Eoan di seluruh infrastruktur Ubuntu.”

Aplikasi 32-bit masih dapat berjalan di Ubuntu
Sementara Canonical tidak akan lagi menawarkan program 32-bit untuk rilis Ubuntu mendatang, perusahaan mengatakan bahwa masih mungkin untuk menjalankan aplikasi 32-bit pada sistem operasi berbasis Linux jika pengguna ingin menggunakan aplikasi tertentu. Ini dapat dibuat tersedia untuk pengguna oleh pengembang aplikasi melalui format file yang didukung, mungkin Snap, Flatpak atau AppImage.

Canonical juga mengatakan bahwa mereka akan memberikan rincian lebih lanjut tentang penghapusan dukungan 32-bit di Ubuntu Linux dalam beberapa bulan mendatang karena Ubuntu 19.10 semakin mendekati versi beta dan rilis akhir nanti pada musim gugur ini untuk menginstruksikan pengguna yang sudah ada tentang cara melanjutkan jika mereka masih memiliki Program 32-bit diinstal. Ubuntu 19.10 (Eoan Ermine) akan dirilis pada 17 Oktober 2019.